Selasa, 29 November 2011

Penebangan Liar

Akhir-akhir ini suhu bumi meningkat drastis. Jangankan membicarakan dunia, Indonesia saja tempat tinggal kita bermukim sudah terasa sangat jelas kenaikan suhu. Semakin panas dan kadang cuaca ekstrempun mulai melanda seperti hujan petir dan angina puting beliung. Garis besar yang dapat disimpulkan adalah sudah tidak seimbang lagi antara hutan dengan penduduk Indonesia yang semakin bertambah setiap harinya. Hutan sangat berkaitan erat dengan kehidupan manusia di dunia karena pohon mempunyai peran penting bagi makhluk hidup.
Tidak hanya untuk makanan hewan, pohon dapat juga berfotosintesis yang dapat menghasilkan oksigen yang sangat dibutuhkan bagi makhluk hidup untuk bernafas. Pohon juga berguna bagi penyeimbang ekosistem penyaringan udara, air dan menahan tanah agar tidak terjadinya longsor. Namun dengan bertambahnya penghuni dunia khususnya Indonesia, pohon yang sebagai warisan leluhur gampang saja mereka ambil/tebang untuk kepentingan pribadi.
Penebangan liar adalah kegiatan penebangan, pengangkutan dan penjualan kayu yang tidak sah atau tidak memiliki izin dari otoritas setempat. Walaupun angka penebangan liar yang sangat meningkat tajam namun masih saja sulit untuk diberantas karena kesadaran yang kurang dari pelakunya. Padahal mereka dan kita sendiri yang akan kena dampaknya. Maka dari itu sayangilah dan rawat pohon yang ada di sekitar dan lebih baik lagi apabila kita menanam pohon baru untuk mengembalikan keseimbangan ekosistem yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar