Sabtu, 10 Maret 2012

Manusia dan Kebudayaan


Manusia
Manusia mempunyai peran penting dalam kelangsungan hidup di alam semesta ini. Manusia merupakan kumpulan dari berbagai sistem fisik yang saling terkait satu sama lain. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri. Dari definisi tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa manusia sangat membutuhkan satu sama lain.
Manusia adalah mahluk ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh. Manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling sempurna dibandingkan dengan mahluk lainnya. Manusia diberi akal dan fikiran agar dapat melangsungkan kehidupannya sebagai mahluk hidup. Tugas manusia dialam semesta adalah menggali sumber daya alam yang ada dan melaksanakan aspek-aspek yang dibutuhkan.

Kebudayaan
Kebudayaan adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi (pikiran) manusia dengan tujuan untuk mengolah tanah atau tempat tinggalnya, atau dapat pula diartikan segala usaha manusia untuk dapat melangsungkan dan mempertahankan hidup dilingkungannya. Budaya mencangkup segala aspek kehidupan manusia, baik yang sifatnya material, maupun non-material. Disinilah peran manusia yaitu menjalankan aktivitas budaya yang ada.

Kaitan manusia dan kebudayaan adalah manusia sebagai perilaku kebudayaan, dan kebudayaan adalah sebagai objek yang dilaksanakan manusia. Dalam sosiologi manusia dan kebudayaan dinilai sebagai dwitunggal, maksudnya bahwa walaupun keduanya berbeda tetapi keduanya merupakan satu kesatuan. Manusia menciptakan kebudayaan, dan setelah kebudayaan tercipta maka kebudayaan mengatur hidup manusia agar sesuai dengannya. Tampak bahwa keduanya akhirnya merupakan satu kesatuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar