Minggu, 20 November 2011

ABABIL (ABG Labil)

Masa-masa remaja adalah masanya senang-senang. Mencoba hal-hal baru dunia luar, namun tidak sedikit remaja yang menghabiskan waktu senang-senangnya tersebut dengan mencoba hal yang negatif. Masa remaja adalah pertumbuhan usia dari kanak-kanak ke dewasa. Dalam hal ini pemikiran anak masih labil, cepat sekali berpengaruh dengan hal-hal yang baru. Tertarik dengan hal-hal yang belum pernah dicobanya sewaktu kanak-kanak dulu.
Bahayanya adalah jika anak tersebut sudah berfikiran bahwa hal yang dicobanya dalam hal negative itu menyenangkan dan mulai terjerumus dengan hal tersebut apa lagi bila sudah ketergantungan.
Sebaiknya para remaja diberi pengetahuan dan bimbingan yang lebih. Pelajaran yang diberikan bukan saja dari sekolah yang diajarkan oleh bapak dan ibu guru. Pemahaman di luar sekolahpun sebaiknya diseimbangkan dengan pelajaran akademik. Hal ini bertujuan agar anak dapat membedakan mana hal yang baik dan buruk. Tentu saja peran penting adalah dari orang tua, keluarga dan lingkungan sekitar.
Ilmu iman dan takwapun tidak luput diberikan pada anak, agar anak dapat mendekatkan diri pada Tuhan dan akan berpengaruh pada pola fikir anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar