Minggu, 01 Januari 2012

Penyakit menular AIDS


Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) adalah sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya. Virusnya sendiri bernama Human Immunodeficiency Virus (HIV) yaitu virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik ataupun mudah terkena tumor. Meskipun penanganan yang telah ada dapat memperlambat laju perkembangan virus, namun penyakit ini belum benar-benar bisa disembuhkan.
Dengan keadaan yang seperti itu ditetapkanlah tanggal 1 Desember merupakan hari AIDS Internasional dimana semua orang di seluruh dunia merayakan hari ini dengan tujuan mengurangi diskriminasi terhadap ODHA serta membuat lebih banyak orang lebih peduli dengan isu ini.
ODHA adalah singkatan dari orang yang hidup dengan HIV, seseorang yang terinveksi HIV belum tentu pengidap AIDS sebelum dia difonis terinfeksi oportunistik. Kebanyakan orang masih menganggap bahwa berdekatan dengan ODHA bisa tertular HIV, inilah yang menyebabkan pendiskriminasi terhadap ODHA.
ODHA sendiri bercirikan badan kurus kering dan mata sayu, dll. Pengetahuan masyarakat yang minim mengenai HIV dan AIDS karena kurangnya pemberian informasi yang jelas dan lengkap mengenai isu ini menjadikan banyak orang melakukan diskriminasi terhadap ODHA. Semua orang mempunyai hak yang sama yaitu di hargai dan menghargai. Tidak pandang status sosial, agama, ras dan perbedaan lainnya. ODHApun sama seperti kita manusia normal hanya saja mereka mempunyai kelebihan lain yaitu dapat bertahan hidup dengan status yang disandangnya.  Maka dari itu hargailah mereka layaknya kita menghargai orang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar